Senin, 02 Januari 2012

Manfaaat Dan Fungsi Vitamin B Untuk Kesehatan Tubuh

Vitamin B terdapat 8 jenis, yaitu Vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9,dan B12 dan biasa disebut dengan nama B Kompleks. Vitamin ini larut dalam air dan memiliki yang tidak kalah pentingnya dari vitamin lainnya. Perannya dalam metabolisme sel membuatnya sangat dibutuhkan untuk kesehatan tubuh manusia.

Vitamin B Kompleks

Sumber Vitamin B kompleks bisa didapat dari buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, ikan, daging dan susu. Sumber Vitamin B1 seperti Kacang lentil , kacang almond, sayur bayam, selada, kubis, ikan, telur, susu dan daging. Sumber makanan yang mengandung Vitamin B2 seperti pada daging ayam, ikan salmon, ikan tuna, pasta dan gandum utuh.

Vitamin B kompleks memiliki fungsi tersendiri dalam tubuh, seperti untuk menghasilkan energi. Hal ini dilakukan oleh Vitamin B1, B2, B3 dan B7. Vitamin B6 berfungsi untuk metabolisme asam amino. Sedangkan Vitamin B12 dan B9 membantu dalam pembelahan sel. Mengenai manfaat laiinnya, anda bisa menemukannya dibawah ini.

Manfaaat Vitamin B Untuk Kesehatan Tubuh


Vitamin B kompleks banyak sekali manfaat untuk tubuh. Beberapa dantanya seperti berikut.
  1. Meningkatkan Daya Ingat
    Vitamin B kompleks dapat menjadi pelindung disekitar saraf otak dan menjaganya dari ancaman homosistein, sehingga daya ingat dan kosentrasi bisa tetap terjaga. Homosistein adalah senyawa asam amino yang merupakan racun bagi sel-sel saraf.
  2. Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit
    Vitamin B kompleks membantu agar kulit tidak kering dan kusam dan agar tidak beruban saat umur masih muda.
  3. Meningkatkan Produksi EnergiVitamin B kompleks membantu dalam merubah karbohidrat menjadi glukosa yang akan menghasilkan energi untuk kita melakukan aktifitas. Maka dari itu, kekurangan Vitamin B kompleks akan membuat cepat lelah, capek dan lesu.
  4. Menjaga Sistem Pencernaan
    Vitamin B kompleks merupakan vitamin yang larut dalam air dan mampu memperbaiki sistem pencernaan agar lebih baik dan lancar. Maka dari itu, konsumsilah buah-buahan, sayuran dan lauk pauk yang banyak mengandung Vitamin B kompleks agar sistem pencernaan dapat terjaga kesehatannya.
  5. Menjaga Kesehatan Kandungan
    Para ahli mengemukakan bahwa satu langkah penting yang dapay dilakukan ibu hamil untuk mengurangi kemungkinan cacat lahir yang serius yaitu dengan mencukupi asupan vitamin B9 (asam folat) dalam jumlah yang cukup yaitu sekitar 400mg. Kekurang Vitamin B9 dapat memicu terjadinya gangguan pertumbuhan bayi dan kesulitan belajar.
Itulah Fungsi dan manfaat dari Vitamin B kompleks untuk kesehatan tubuh manusia. Jaman sekarang sudah banyak sekali Vitamin B kompleks yang dijual dipasaran. Maka dari itu, cukupilah kebutuhan untuk tiap harinya. Semoga bermanfaat dan terimakasih. Baca juga mengenai manfaat Vitamin A

Manfaaat Dan Fungsi Vitamin B Untuk Kesehatan Tubuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar