Minggu, 01 Januari 2012

Manfaat dan Fungsi Vitamin A Untuk Kesehatan Tubuh

Vitamin A memiliki rumus kimia C20H30O dan memiliki peranan yang sangat penting untuk indra penglihatan. Vitamin ini merupakan salah satu jenis yang larut dalam lemak. Pada Vitamin terdapat beberapa senyawa yang didalamnya seperti senyawa retinil, retinol, retinil asetat dan palmitat. Pada senyawa retinol, banyak berperan aktif di dalam tubuh dan oleh sebab itulah Vitamin ini lebih dikenal dengan nama retino.

Vitamin A
Manfaat dan Fungsi Vitamin A Untuk Kesehatan Tubuh

Terdapat 2 bentuk aktif dari Vitamin A yang dapat dicerna oleh tubuh manusia, yaitu Retinil palmitat dan Beta Karotin. Sumber makanan retinil palmiat yaitu dari hewani, seperti daging sapi, hati ayam, susu, keju, dan ikan. Sedangkan makanan sumber Beta Karotin yaitu dari nabati seperti brokoli, bayam dan wortel.

Kekurangn Vitamin A dapat menyebabkan tubuh mengalami gangguan pernafasaan, kerabunan dan bahkan sampai mengalami kebutaan. Apabila berlebihan juga akan dapat menyebabkan mual, sakit kepala, nyeri sendi dan kerontokan rambut. Dosis setiap harinya yaitu 750 mcg. Beberapa manfaat lainnya disa dilihat dibawah ini.

Manfaat Vitamin A Untuk Kesehatan Tubuh


Berikut ini adalah beberapa manfaat dan fungsi Vitamin A untuk tubuh.
  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
    Vitamin A dapat meningkatkan aktivitas kerja dari sel darah putih dan antibody di dalam tubuh, sehingga tubuh menjadi lebih resisten terhadap senyawa toksin atau racun ataupun dari serangan mikroorganisme parasit, seperti bakteri patogen dan virus. Mekanisme pertahanan ini termasuk ke dalam sistem imun eksternal, karena sistem imun ini berasal dari luar tubuh.
  2. Menjaga Aktivitas Antiohaksidan
    Beta Karotin yang ada pada sayuran yang kita konsumsi seperti bayam, wortel dan brokoli dapat dicerna oleh tubuh dan senyawa ini merupakan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Antioksidan di dalam tubuh dapat mencegah kerusakan pada materi genetik (DNA dan RNA) oleh radikal bebas sehingga laju mutasi dapat ditekan.
  3. Mencegah Kanker Payudara
    Ilmuan asal Amerika pada penemuan terbuarunya menyatakan bahwa vitamin A dapat menghambat pertumbuhan kanker payudara yang seringkali menyerang wanita. Meski tak secara langsung, tapi bentuk turunannya berupa asam retinoat atau retinol yang ada dalam Vitamin ini akan menghambat pertumbuhan jaringan kanker.
  4. Menjaga Kesehatan Mata
    Vitamin A terkenal karena peranannya dalam indra penglihatan. Senyawa retinol inilah yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata.
Itulah beberapa Manfaat dan Fungsi Vitamin A untuk Kesehatan tubuh kita, Makanya konsumsi lah makanan yang banyak mengandung Vitamin A agar kesehatan tubuh dapat terjaga. Sekian dan Terimakasih.

Manfaat dan Fungsi Vitamin A Untuk Kesehatan Tubuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar